Ada banyak artis di Indonesia yang merupakan artis kontroversial. Namun bisa jadi nyaris tak ada yang menandingi Foto Ahmad Dhani dalam kontroversi-kontroversi yang dibuatnya sendiri. Di tanggal 23 September 2016, Dhani, panggilan akrabnya, mencalonkan diri menjadi Wakil Bupati Bekasi untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tahun 2017. Ini jelas memberikan amunisi baru bagi para netizen untuk bergosip tentangnya.

Kontroversi yang pernah dibuatnya atau disangkutkan dengannya ada banyak, profesional maupun pribadi. Namun terlepas dari itu, sosok Dhani Ahmad Prasetyo ini adalah sosok yang memiliki pengaruh besar di dunia music ndonesia. Dia adalah pencipta lagu dan produser yang populer dan menelurkan banyak hits, dan juga pendiri dari Republik Cinta Management.

Berikut ini adalah biodata dari Dhani:

  • Nama lengkap: Dhani Ahmad Prasetyo.
  • Tempat, tanggal lahir: Surabaya, 26 Mei 1972.
  • Orang tua: Eddy Abdul Manaf (ayah, alm.), Joyce Theresia Pamela Kohler (ibu).
  • Pekerjaan: Pencipta lagu, produser, penyanyi, musisi, komposer, dan pengusaha.
  • Aktif: 1992 sampai sekarang.
  • Label: Aquarius Musikindo, Republik Cinta Records.
  • Istri: Maia Estianty (cerai, 1994-2008), Mulan Jameela (sejak 2009).
  • Anak: Ahmad Gazali (Al), El Jalaluddin Rumi (El), Ahmad Abdul Qodir (Dul), Safeea, Ahmad Hasil (prematur, meninggal 2012).
  • Website resmi: ahmaddhani.com.
  • Media sosial: @AHMADDHANIPRAST (Twitter).

Perjalanan karir dan kehidupan Foto Ahmad Dhani sama-sama menarik untuk diikuti. Tertarik dengan musik sejak SMP, di tahun 1986 dia membentuk DEWA, band yang saat itu digawangi Dhani, Andra Junaidi, Erwin Prasetya, dan Wawan Juniarso. Dhani sendiri berada di posisi sebagai keyboard dan vokal. Sempat menyabet berbagai kejuaraan festival band remaja dan bahkan jazz, DEWA resmi masuk dapur rekaman setelah Dhani mengadu nasib ke Jakarta di tahun 1991. DEWA resmi diberi nama Dewa 19 dan mengeluarkan album perdana di tahun 1992, yang menjadi album terlaris pada tahun 1993.

Kesuksesan Dewa 19 yang masih eksis sampai sekarang ini tidak membuat Dhani lantas puas diri. Beberapa proyek musik sampingan lain pun dilakoni, seperti:

  • Membentuk Ahmad Band di tahun 1999 dengan lagu “Bidadari di Kesunyian” serta “Aku Cinta Kau dan Dia”.
  • Memproduseri artis-artis seperti Reza Artamevia (1997), Krisdayanti, Denada, dan Agnes Monica.
  • Mengorbitkan artis-artis The Virgin, Mulan Jameela, Mahadewi, serta Lucky Laki lewat Republik Cinta Management.
  • Berkolaborasi membentuk band seperti The Rock yang personilnya bukan dari Indonesia, The Rock Indonesia Ahmad Dhani (T.R.I.A.D.), Mahadewa, dan kolaborasi musik Jazz dengan Tim Oram dari Australia.
  • Menjadi juri di reality show Indonesian Idol, X Factor, dan Rising Star Indonesia.
  • Menulis buku “Manunggaling Dewa” dan “Makrifat Cinta Ahmad Dhani”.

Kehidupan pribadi Dhani sendiri juga penuh warna. Di tahun 2008, dia dan Maia Estianty resmi bercerai, setelah terjadi pertengkaran di antara keduanya sejak tahun 2006. Di tahun 2009, dia menikah dengan Mulan Jameela, eks personil Ratu (grup duo dengan Maia). Dhani juga sempat tersangkut masalah hukum yang menyangkut anak ketiganya, Dul, yang menyetir secara ilegal dan menabrak mobil sehingga menewaskan 7 orang.

Sekarang ini, meski masih sibuk dengan menjadi produser, musisi, dan juri di acara-acara televisi, Foto Ahmad Dhani juga semakin serius terjun ke politik. Terbukti, baru saja di September 2016 yang lalu, Dhani resmi mendeklarasikan diri sebagai calon Wakil Bupati untuk daerah Bekasi. Kita tunggu saja bagaimana kiprahnya nanti setelah sampai Pilkada 2017 dan setelahnya!

foto-ahmad-dhani-musisi-yang-penuh-kontroversi

Foto Ahmad Dhani, Musisi yang Penuh Kontroversi
Foto Ahmad Dhani, Musisi yang Penuh Kontroversi

foto-ahmad-dhani-musisi-yang-penuh-kontroversi-2 foto-ahmad-dhani-musisi-yang-penuh-kontroversi-3 foto-ahmad-dhani-musisi-yang-penuh-kontroversi-4

Foto Ahmad Dhani, Musisi yang Penuh Kontroversi
Foto Ahmad Dhani, Musisi yang Penuh Kontroversi

LEAVE A REPLY