Ada anggapan bahwa artis atau grup yang menjadi juara pada ajang pencarian bakat tidak akan bertahan lama di dalam industri hiburan. Kalau pun ada, hanya segelintir saja yang berhasil bertahan dan menjadi “artis sungguhan”. Kebanyakan akhirnya kembali lagi menjadi orang biasa, jauh dari dunia hiburan yang glamor. Sementara sebagian lagi terus berusaha, namun dengan popularitas yang jauh menurun. Foto band kotak bukanlah semua itu.

Band ini terbentuk dari acara The Dream Band yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta pada tahun 2004 silam. Saat itu, Doddy yang juga merupakan personil Kahitna menjadi salah satu produser acara ini, dan melakukan audisi di berbagai daerah di Indonesia untuk membentuk band. Ternyata, antusiasme masyarakat, apalagi para musisi remaja, cukup kuat. Ratusan vokalis, gitaris, drummer, dan basis pun berkompetisi. Dari ajang inilah, band ini pun lahir tanggal 27 September 2004.

Album pertama band ini pun diluncurkan sesaat setelah ajang pencarian bakat tersebut selesai di bawah label HMR. Saat itu, formasi band tersebut masih Pare (vokal), Cella (gitar), Icez (bass), dan Posan (drum). Album debut ini berisikan lagu-lagu andalan seperti “Hilang”, “Kau Pilih Dia”, dan “Terbang (Khayal)”. Namun sebelum album kedua dirilis, Pare sang vokalis memutuskan untuk keluar dari band ini karena lebih ingin fokus di balik layar. Keluarnya Pare disusul oleh Icez yang bergabung dengan The Rock milik Ahmad Dhani.

Foto band kotak pun berbenah dan membentuk formasi baru. Tantri masuk menggantikan Pare sebagai vokalis dengan karakter yang berbeda, dan bassis digantikan oleh Nissa Hamzah (meski kemudian berganti lagi oleh Chua). Dengan formasi inilah, akhirnya mengeluarkan album “Foto band kotak Kedua” di tahun 2008. Ternyata masuknya anggota baru ini menjadi hoki sendiri bagi band ini, karena popularitas mereka langsung melejit. Album tersebut laku keras, dan mereka mendapatkan tawaran manggung di mana-mana.

Setelah itu, nama band ini pun terus melejit. Meskipun sang drummer, Posan, akhirnya keluar karena kesibukannya dengan beberapa side project miliknya, namun ini tak menyurutkan popularitas band tersebut. Berikut adalah beberapa album-album dan prestasi yang berhasil mereka sabet:

  • 26 Agustus 2010, album ketiga “Energi” dirilis, dengan hits seperti “Pelan Pelan Saja”, “Selalu Cinta” dan “Cinta Jangan Pergi”. Selain laris manis, album ini juga menerima penghargaan dari Anugerah Planet Muzik 2011 dan AMI Awards 2011.
  • 11 Agustus 2011, album repackage “Energi (Repackaged)” diluncurukan dengan tambahan 4 lagu baru, yang sekaligus menjadi OST film Tendangan dari Langit.
  • November 2012, album kompilasi “Terbaik” dilempar ke pasar di gerai-gerai KFC. Isinya kompilasi lagu-lagu sebelumnya, dan tambahan 4 lagu baru.
  • Maret 2014, album keempat “Never Dies” dirilis dengan single andalan “Perfect Love” dan “Inspirasi Sahabat”.
  • Berbagai penghargaan multi platinum karena penjualan album yang tinggi juga diperoleh.
  • Band yang satu ini sempat dinobatkan menjadi Group Rock Terbaik dari berbagai penghargaan. Di antaranya adalah Jawa Pos Awards, Sahabat Music Awards-Hong Kong, dan Reade’s Poll Music Awards.

Namun pada awal tahun 2016, tepatnya tanggal 22 Januari 2016, Tantri sang vokalis menyatakan bahwa dirinya akan sementara vakum dari Foto band kotak untuk melahirkan dan merawat anaknya. Band ini pun merekrut Kikan, eks vokalis Coklat, sebagai vokalis sementara. Sekarang ini, nama band tersebut pun berganti menjadi Kikan x Coklat, yang ditandai dengan rilisnya lagu baru, yaitu “Long Live Rock N’ Roll”.

foto-band-kotak-bukti-kesuksesan-acara-pencarian-bakat-4 foto-band-kotak-bukti-kesuksesan-acara-pencarian-bakat-1 foto-band-kotak-bukti-kesuksesan-acara-pencarian-bakat-3

Foto band kotak, Bukti Kesuksesan Acara Pencarian Bakat
Foto band kotak, Bukti Kesuksesan Acara Pencarian Bakat

LEAVE A REPLY