Tidak terlalu banyak grup band dengan genre beraliran screamo dan metalcore yang ada di Indonesia yang cukup dikenal oleh masyarakat secara umum. Karena itulah, kenyataan bahwa band Foto Killing Me Inside alias Killms termasuk band yang lebih dikenal orang-orang mainstream adalah suatu pencapaian tersendiri. Grup musik yang berasal dari Jakarta Selatan ini sendiri dibentuk pada Juni 2005, dan hingga sekarang telah mengeluarkan 4 buah album.

Jangan heran ketika melihat formasi band ini yang sama sekali berbeda dengan di awalnya. Killms termasuk band yang cukup rajin berganti anggota karena berbagai alasan. Berikut ini adalah profil singkat dari band tersebut:

  • Asal: Jakarta Selatan
  • Genre: Pop, screamo, metalcore, modern rock, post-hardcore, electronic hardcore
  • Aktif: 2005 sampai sekarang
  • Label: Fast Youth Records (2008-2010), Royal Prima Musikindo (distribusi), Crooz Records (2010-sekarang)
  • Media sosial: xxkillingmeinsidexx (MySpace), killingmeinside (Facebook), dan killingmeinsidetv (Youtube)

Ketika dibentuk pada Juni 2005, formasi Killms saat itu adalah Josaphat (gitar), Raka (gitar), Onad (bass), dan Rendy (drums). Sansan sebagai vokalis Killms baru masuk pada bulan Desember 2005. Dengan formasi inilah, Killms melakukan berbagai live dan showcase di berbagai tempat seperti kafe dan events-events. Di saat ini, Killms juga merilis 3 buah lagu demo, yaitu “A Letter Of Memories”, “Suicide Phenomena”, dan “The Tormented”.

Baca juga : Foto Sexy Aura Kasih

Tahun 2008, sebelum album pertama Foto Killing Me Inside dirilis, Raka sang gitaris mengumumkan lewat MySpace bahwa dia mengundurkan diri untuk fokus ke band Vierra. Namun ini tak membuat Killms patah arang, karena pada Desember 2008, akhirnya album pertama “A Fresh Start for Something New” dirilis di bawah naungan label indie, yaitu Fast Youth Records. Single andalannya, “Torment”, langsung membuat Killms dikenal di kalangan pecinta musik indie, termasuk di Malaysia.

Tentu saja, peluncuran album pertama tak membuat perjalanan Killms menjadi mulus. Gonta-ganti personil tetap terjadi, meski karir musik mereka pelan tapi pasti terus melejit. Ini berapa peristiwa yang terjadi pada Killms setelah album pertama keluar:

  • Januari 2009, Sansan keluar dari Killms karena fokus ke band Pee Wee Gaskins, sementara Rendy keluar karena memikirkan masa depan. Formasi baru pun harus dibentuk, dengan Onadio menjadi vokalis Killms.
  • Di tahun 2010, Killms menjadi pengisi OST dari film Air Terjun Pengantin.
  • Agustus 2010, album self-titled Tidak lagi di bawah label Fast Youth Records lagi, tapi Crooz Records dan Royal Prima Musikindo. 5 buah lagu adalah remake album pertama, dengan tambahan 3 lagu baru berbahasa Indonesia tanpa screamo. “Biarlah” menjadi lagu andalan dan diterima masyarakat umum.
  • Killms mendapatkan platinum di album ini dengan penjualan 50.000 keping, mendapatkan penghargaan dari Indigo Digital Music Awards 2010, dan dinominasikan di AMI Awards 2011.
  • Tahun 2011, sebelum peluncuran album ketiga, drummer Davi mengundurkan diri.
  • Desember 2011, single “Melangkah” diluncurkan. Penghargaan AMI Awards 2012 pun akhirnya diraih.
  • September 2012, album “One Reason” dipasarkan dengan single “Melangkah” serta “Menyesal”. Di album ini, vokal screamo kembali terdengar.

Pada pertengahan 2014, Onadio yang selama ini menjadi vokalis Foto Killing Me Inside akhirnya mengundurkan diri karena ingin mencoba genre baru. Killms pun memutuskan untuk memulai lagi dengan kali ini menggunakan vokalis wanita. Savira Razak, finalis Mamamia 2007, ditarik menjadi vokalis baru. Album “REBIRTH: A New Beginning” pun dirilis sebagai album keempat.

foto-killing-me-inside-dan-hobinya-replace-personil-band foto-killing-me-inside-dan-hobinya-replace-personil-band-11 foto-killing-me-inside-dan-hobinya-replace-personil-band-10 foto-killing-me-inside-dan-hobinya-replace-personil-band-9 foto-killing-me-inside-dan-hobinya-replace-personil-band-8 foto-killing-me-inside-dan-hobinya-replace-personil-band-3 foto-killing-me-inside-dan-hobinya-replace-personil-band-4

Foto Killing Me Inside, dan hobinya replace personil band
Foto Killing Me Inside, dan hobinya replace personil band

foto-killing-me-inside-dan-hobinya-replace-personil-band-6 foto-killing-me-inside-dan-hobinya-replace-personil-band-7 foto-killing-me-inside-dan-hobinya-replace-personil-band-2

LEAVE A REPLY