Halloween di Indonesia memang tidak terlalu dirayakan dengan meriah seperti hari-hari perayaan lain. Namun bagi pecinta film khususnya bergenre horor, Halloween adalah saat yang dinanti-nanti. Pasalnya pada hari ini orang-orang bebas mengenakan kostum dan riasan wajah sesuai dengan tokoh film atau komik. Tak melulu film horor, tokoh film fiksi drama seperti Cinderella pun kerap menjadi figure Halloween. Sudah menentukan figure Anda untuk tahun ini? Mungkin Zombie bisa menjadi alternatif pilihan. Jika Anda tertarik, berikut ini tutorial cara make up zombie untuk hari Halloween.

Ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan dalam mengubah diri Anda menjadi figur Zombie, kostum adalah salah satu bagian yang terpenting. Seperti yang terlihat di film Resident Evil ataupun di game Plants vs Zombie, kostum zombie adalah pakaian manusia pada umumnya namun terlihat kusam dan sobek di beberapa tempat. Hal ini sesuai dengan cerita zombie yang sebelumnya adalah manusia namun bertarung dengan zombie kemudian tergigit dan terinfeksi sehingga menjadi zombie. Kostum dapat menggunakan pakaian Anda sehari-hari, cari saja pakaian lama yang sudah lusuh kemudian sobek-sobeklah dengan cara menariknya. Jadilah kostum zombie tanpa Anda perlu menyewa.

Cara make up Zombie untuk wajah merupakan bagian paling sulit dari figur zombie ini. Efek daging yang mengelupas, darah, bagian tubuh yang membusuk, kurus dan cekung karena kurang makan adalah tantangan-tantangan tersendiri pada penerapan figur zombie. Ada beberapa cara untuk membuat efek kulit mengelupas, berdarah dan membusuk. Berikut ini adalah salah satu cara yang mudah yang dapat Anda terapkan tanpa membeli bahan riasan yang mahal.

  1. Siapkan 1 sendok teh tepung terigu, 1 sendok teh kanji, air hangat secukupnya, campur di dalam wajan, panaskan hingga memperoleh adonan yang cukup kental.
  2. Untuk make up kulit yang mengelupas, oleskan foundation agar kulit tampak lebih pucat dari warna kulit asli, oleskan tipis-tipis adonan kanji tadi, kemudian tempelkan tisu di atas adonan kanji seolah-olah kanji adalah lem. Tepuk-tepuk tisue kemudian sobek dan buang bagian tisue yang tidak menempel. Ulangi memberikan kanji di atas tisue kemudian tutup dengan tisue lain hingga mencapai ketebalan yang diinginkan.
  3. Selagi masih basah, buat kerutan-kerutan tisue di kulit untuk lebih menambah efek luka.
  4. Setelah kering, aplikasikan foundation di atas tisue tersebut, kemudian ratakan.
  5. Aplikasikan eyeshadow warna hitam di tengah-tengah tissue, kemudian warna coklat menyerupai warna kulit di tepian tisue menuju kulit. Ratakan agar warna tampak alami.
  6. Di bagian tengah, aplikasikan warna merah untuk efek darah, bisa juga dengan liquid lipstick sehingga warna merah dapat menetes alami.

Selain efek luka di atas, pada wajah terutama di sekitar mata dan tulang pipi juga perlu penambahan eyeshadow warna gelap untuk memberi kesan cekung dan kurus. Pada bibir sebaiknya menggunakan concealer warna beige atau coklat terang, tambahkan olesan eyeshadow warna ungu di garis-garis bibir untuk memberi efek lebam.

Untuk tampil maksimal mengimbangi kostum dan riasan wajah Anda, pilihlah contact lens dengan warna abu-abu atau warna pudar lainnya. Atur rambut Anda sehingga terkesan acak-acakan dengan penambahan hair spray atau minyak rambut. Perbanyak efek darah bukan hanya di wajah tetapi juga di lengan atau bagian kulit lain yang terlihat. Jika sudah melakukan semua cara make up zombie seperti yang tertulis di atas, Anda sudah siap menjadi zombie di hari Halloween nanti.

Tutorial Cara Make Up Zombie untuk Halloween Seram
Tutorial Cara Make Up Zombie untuk Halloween Seram

 

LEAVE A REPLY